Olahraga Terbaik dalam Islam

Photo on Pinterest

Kita sebagai umat Rasulullah haruslah memiliki tubuh yang kuat dan sehat. Maka dari itu, berolahragalah karena Rasulullah pun berolahraga. Dengan berolahraga tubuh kita akan menjadi sehat, sehingga tubuh kita dapat beribadah dengan lancar serta terhindar dari resiko terserang penyakit.

Rasulullah sangat gemar berolahraga. Tubuh Rasulullah pun terawat dan atletis, sebagaimana yang pernah diriwayatkan oleh Ummu Hani’ berikut ini.

“Aku tidak melihat bentuk perut Rasulullah kecuali aku ingat lipatan kertas-kertas yang tersusun antara satu dengan yang lainnya”. (HR. Ath-Thabarani)

Riwayat tersebut menunjukkan betapa Rasulullah sangatlah disiplin dalam merawat kesehatan tubuhnya, salah satunya melalui olahraga. Berikut ini beberapa olahraga yang dilakukan oleh Rasulullah.

  1. Shalat
  2. Gulat
  3. Memanah
  4. Berkuda
  5. Berenang
  6. Berlari

1. Shalat

Shalat adalah gerakan yang di dalamnya terdapat streching dan reflexing. Di dalam shalat, terdapat prinsip dasar squat, push up, plank dan semua gerakan terbaik, termaksuk di dalamnya peregangan otot diafragma yang bisa membuka paru-paru saat takbiratul ihram. Gerakan itu sangat bermanfaat bagi penderita asma.

Dengan gerakan shalat, otot-otot yang meregang mencapai titik yang optimal dalam ukuran peregangan dan kembali kepada posisi semula dalam keadaan rileks. Setiap gerakan akan menjadi stimulasi yang sangat baik bagi otak sebagai pusat kesadaran dan pusat regulasi tubuh kita.

2. Gulat

Pada masa Rasulullah, salah satu kisah tersohor tantangan gulat itu datang dari Rukanah bin Yazid, pegulat tangguh yang terkenal dengan kemampuannya bergulat. Kisah tantangan tersebut termaktub antara lain dalam Sunan Abu Dawud dan Sunan at-Tirmidzi dan Imam al-Bukhari dalam kitabnya at-Tarikh al-Kabir.

Tantangan tersebut disambut dengan sikap terbuka dan keberanian oleh Rasulullah. Singkat kata, Rukanah bertekuk lutut dan kalah. Akibat kekalahannya itu, Rukanah masuk Islam dan menjadi pengikut setia Muhammad SAW.

Olahraga gulat adalah kontak fisik antara dua orang. Salah seorang dari keduanya harus saling menjatuhkan atau menguasai lawannya. Bergulat dapat menyebabkan luka serius, artinya Rasulullah memperlihatkan kekuatan fisiknya. Kekuatan fisik didapat dari upaya yang disiplin, mengolah fisik, disertai pola hidup yang sehat dan tepat.

3. Berkuda

Berkuda salah satu olahraga yang dianjurkan Rasulullah. Beliau pernah menguji latihan kuda para sahabat dengan mengadakan lomba pacuan kuda.

Olahraga berkuda ini sangat dianjurkan Rasulullah, yang cukup populer bagi umat muslim. Melakukan olahraga berkuda, selain memiliki manfaat bagi kesehatan fisik, adanya interaksi dengan kuda juga akan meningkatkan insting dan hubungan manusia terhadap hewan, terutama hewan peliharaan.

4. Mamanah

Jenis olahraga yang dianjurkan Rasulullah ini merupakan olahraga yang membutuhkan ketangkasan, konsentrasi, dan juga ketepatan bidikan. Selain perlunya fisik yang sangat kuat agar dapat menarik tali busur panah tersebut, agar mampu membidik tepat sasaran juga dibutuhkan konsentrasi yang sangat tinggi yang berasal dari kemampuan mengendalikan diri.

Memanah identik dengan membidik target. Memanah dapat mengasah kekuatan menghimpun konsentrasi dan menentukan daya fokus. Berhasil tidaknya para pemanah tergantung usaha mereka, seberapa seringnya mereka berlatih secara intensif.

5. Berenang

Berenang ternyata merupakan salah satu olahraga yang dianjurkan Rasulullah. Memang, renang memiliki beragam manfaat yang sangat baik bagi tubuh. Renang juga sangat efektif dalam membakar kalori tubuh.

“Ajarkanlah anak-anak kalian memanah, menunggang kuda, dan berenang.”(Hadits mauqut dari Umar bin Al Khatab).

6. Berlari

Salah satu olahraga yang dianjurkan Rasulullah ini mungkin terbilang praktis dan sangat murah untuk dilakukan. Bahkan pada suatu ketika, Rasulullah pernah menyetujui keinginan para sahabat untuk mengadakan lomba lari. Dan, bahkan Rasulullah justru ikut dalam perlombaan tersebut bersama sang istri, yaitu Sayidah Aisyah.

Dari Sayidah Aisyah mengatakan apabila, “Rasulullah SAW bertanding denganku dan aku menang. Kemudian aku berhenti, sehingga ketika badanku menjadi agak gemuk, Rasulullah SAW bertanding lagi denganku dan ia menang.” (HR. Ahmad dan Abu Daud).

Berlari salah satu cabang atletik, bisa dikatakan berlari adalah olahraga pertama di jagad raya ini, berlari mempertahankan diri, berlari mengejar buruan dan berlari untuk bertahan hidup. Berlari memiliki segudang manfaat yang sangat baik bagi kesehatn.

Kalian juga bisa mendapatkan ilmu kesehatan dalam dunia islam dengan meng-klik link berikut ini.

Sekian dulu ya pembahasannya, semoga dengan artikel ini kalian bisa mendapat manfaat dari apa yang aku tuliskan. Bila kalian merasa postingan ini bermanfaat, berikan aku “claps” ya, agar aku lebih bersemangat lagi untuk menuliskan pembelajaranku mengenai banyak hal.

Terima kasih sudah meluangkan waktu membaca artikel ini.

--

--

Data Science Enthusiast, Remote Worker, Course Trainer, Archery Coach, Psychology and Philosophy Student

Love podcasts or audiobooks? Learn on the go with our new app.

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store
Desi Ratna Ningsih

Desi Ratna Ningsih

Data Science Enthusiast, Remote Worker, Course Trainer, Archery Coach, Psychology and Philosophy Student