IT DAN PROGRAMMING

Kumpulan Website Terbaik untuk Belajar Programming

Photo by Emile Perron on Unsplash

Terkadang awal memulai sesuatu hal yang baru terkesan sulit, kenapa menjadi sulit? Karena kita tidak tau cara melakukannya. Apalagi jika tuntutan kerja yang harus menguasai suatu hal dalam waktu singkat dikarenakan deadline, terkadang hal tersebut membuat kita frustasi.

Harus apa? Mulai dari mana? Mau belajar apa?

Mungkin kata-kata diatas selalu terbayang di benak kalian, karena jika ingin menguasai sesuatu harus butuh efort yang besar untuk meraihnya. Untuk menguasai sesuatu entah itu programming atau bidang lainnya, kita perlu sumber atau guru untuk belajar. Dalam hal programming, kita mungkin tidak memiliki guru atau pembahasan materi programming di sekolah atau di kampus yang terlalu mendalam. Hal-hal demikian membuat sebagian orang mencari tutorial untuk menambah wawasannya.

Anyone who has never made a mistake has never tried anything new. ~Albert Einstein

Permasalahnnya adalah mencari tutorial, media belajar atau website melatih skill programming itu tidak semudah yang kita pikirkan. Terkadang butuh berjam-jam untuk menemukan media belajar yang sesuai dengan keinginan kita. Oleh sebab itu, aku ingin membagikan sumber media belajar programming yang menurut pengalaman aku kamu perlu untuk mencobanya.

Berikut beberapa media belajar yang menarik yang patut kamu kunjungi.

1. Udacity

Photo take by author

Udacity menyediakan banyak sekali course yang dapat diikuti secara gratis. Dilengkapi juga dengan video disetiap penjelasannya. Udacity sering sekali digunakan bagi programmer pemula yang ingin belajar coding. Udacity juga pernah dijadikan media mengajar di salah satu program Google yakni Indonesia Android Kejar yang berjalan di beberapa kota-kota besar.

Udacity juga menyediakan berbagai level pengajaran. Jadi jangan takut untuk mencoba semua materi yang ditawarkan untuk belajar coding. Dengan Udacity kamu tidak perlu lagi bingung mengenai budget, karena platform ini dapat menjadi tempat kamu belajar pemrograman dengan gratis.

2. Udemy

Photo take by author

Udemy merupakan situs belajar coding yang menawarkan ribuan kursus online. Meski sebagian besar kursus mewajibkan kamu untuk mengeluarkan sejumlah biaya, tapi masih bisa menemukan kursus yang gratis. Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan kupon dan penawaran spesial untuk mendapatkan potongan harga dan bahkan versi gratis dari kursus berbayar.

3. Coursera

Photo take by author

Coursera menawarkan kursus berbasis coding, tutorial, dan resource yang langsung diajarkan profesor tingkat universitas. Kamu bisa memilih satu dari ratusan kursus terkait coding.

Untuk mengelola dan mengembangkan kursus online ini, Coursera bekerja sama dengan beberapa guru terbaik dari berbagai universitas top. Hal ini berarti kamu akan belajar coding langsung dari ahlinya. Setiap kursus di situs ini tidak akan memungut bayaran. Namun, kalau kamu menginginkan sertifikat jika sudah selesai belajar, maka kamu harus membayarnya.

4. edX

Photo take by author

edX adalah platform pembelajaran yang open-source. Saat ini situs ini telah memiliki lebih dari 5 juta pelajar.

Situs edX terbagi ke dalam beberapa kategori berbeda, yang jauh melampaui pemrograman. Karena kamu hendak belajar coding, maka kamu bisa mendapatkan informasi yang mumpuni di kategori Computer Science.

5. Code Academy

Photo take by author

Code Academy merupakan salah satu situs yang paling banyak dibuka dan dimanfaatkan oleh orang-orang yang ingin belajar coding dengan cuma-cuma. Sudah lebih dari 24 juta orang yang mendaftar di platform situs belajar coding ini.

Code Academy menawarkan berbagai kursus, mulai dari pengenalan programming sampai ke bahasa pemrograman tingkat lanjut. Pada website belajar coding ini, kamu bisa akan memperoleh pendekatan dan metode pembelajaran yang interaktif sehingga kamu bisa langsung mengaplikasikan yang telah dipelajari. Tersedia konten coding dengan waktu belajar lebih dari 300 juta jam yang cocok untuk pemula maupun working programmer.

6. w3School

Photo take by author

w3School juga dibekali dengan tutorial coding, resource, contoh dan latihan untuk membantu kamu mendalami coding. Slogan platform yang berbunyi ‘The World’s Largest Web Developer Site,’ tidak akan mengecewakan.

Mulai dari memilih bahasa pemrograman pilihan kamu. Lalu kamu akan dialihkan ke programnya atau memilih opsi pembelajaran yang berbeda. Kamu akan memulainya dengan kuis singkat untuk mengetahui seberapa jauh pengetahuan kamu dan harus memulai pelajaran dari mana. Atau kamu dapat menguji diri sendiri dengan latihan contoh singkat dan review.

7. freeCodeCamp

Photo take by author

freeCodeCamp adalah website belajar coding yang menawarkan komunikasi real-life dan komunitas seputar pembelajaran bahasa pemrograman. Di situs ini, kamu bisa belajar coding dengan berpartisipasi dalam berbagai tantangan atau challenge. Kamu akan mendapatkan akses ke tutorial dan kursus pemrograman sehingga kamu bisa dengan mudah menyelesaikan tantangan tersebut.

Setelah yakin bisa menguasai pemrograman, kamu bisa menerapkan apa yang dipelajari dengan membuat proyek dan codig yang bisa diperjualbelikan.

8. Khan Academy

Photo take by author

Khan Academy adalah situs belajar coding untuk pemula yang sayang sekali jika dilewatkan. Platform ini merupakan pilihan yang tepat bagi kamu untuk mulai mengembangkan pengetahuan dan skill coding yang dimiliki. Bahkan telah tersedia kursus dan tutorial mulai dari dasar-dasar computer programming sampai aplikasi tingkat lanjut.

Semua kursus diajarkan oleh para ahlinya, dan kamu dimotivasi untuk membagikan apa yang telah dipelajari selama program pembelajaran.

9. Plural Sight

Photo take by author

Plural Sight dikenal juga sebagai Code School, adalah sebuah platform belajar coding online yang menawarkan paket gratis dan berbayar. Platform ini memiliki metode pembelajaran berbeda dan ditentukan oleh bahasa dan skillnya. Pendekatan studi yang digunakan dijelaskan sebagai berikut:

  1. Kamu memilih jalur pembelajaran sendiri yang mana jalur tersenut dibuat oleh pelatih profesional.
  2. Kamu mempraktekkan apa yang telah kamu pelajari secara langsung melalui browser dan sesegera mungkin mendapatkan feedback.
  3. Kamu akan mendapatkan poin setelah menyelesaikan tiap level dari course yang dijalani.
  4. Kamu memonitor kemajuan kamu dan memantau semua penccapaian, lencana yang diperoleh dan materi yang dipelajari.

10. Upskill

Photo take by author

Upskill merupakan platform untul belajar coding online dan bisa diakses baik oleh pemula maupun advanced developer. Fokus utama dari kursus online ini adalah web development. Website belajar online ini tidak mensyaratkan jika kamu harus menguasai web development terlebih dulu. Meski pemula, kamu bisa mempelajari semua hal tentang pengembangan web di Upskill.

11.Data Camp

Photo take by author

Data Camp adalah sebuah online platform untuk belajar segala hal yang berhubungan dengan bidang data. Jadi di sini, kita gak cuma menemukan hal-hal tentang Data Science dan Machine Learning, tapi juga hal-hal semacam data engineer, data analyst, business intelligence, dan database administrator.

Di Data Camp, pilihan course dan career/skill track-nya sangat beragam, malah sering ditambah course baru. Jadi, kalau kamu mau fokus belajar salah satu tool, misal Python, kamu bisa pilih career/skill track yang sesuai. Oh iya, walaupun misalnya kamu memilih career/skill track data science, hal ini tidak menghalangi kamu untuk belajar course lain yang tidak termasuk di career/skill track data science.

Biasanya belajar coding tidaklah gratis dan kamu harus membayar agar bisa mempelajari berbagai hal mengenai pengembangan website dan lainnya. Untungnya, seiring dengan berjalannya waktu, kamu bisa belajar tentang coding dari berbagai sumber online terbaik tanpa harus mengeluarkan biaya.

Tentu saja kursus online berbayar tetap ada dan masih menjadi pilihan mumpuni. Akan tetapi, resource gratis untuk belajar coding yang telah aku bahas sudah cukup bagi kamu untuk mengetahui dasar-dasar pengembangan sehingga bisa menjadi seorang programmer yang andal.

Kamu tak perlu menjadi anggota dari semua website belajar coding di atas. Pilihlah salah satu dan mulailah mempelajari setiap kursus dan material yang diberikan.

Sekian dulu ya pembahasan artikel hari ini, semoga teman-teman bisa mendapat manfaat dari apa yang aku tuliskan. Bila teman-teman rasa postingan ini bermanfaat, berikan aku “claps” ya, agar aku lebih bersemangat lagi untuk menuliskan pembelajaranku mengenai banyak hal.

Terima kasih sudah meluangkan waktu membaca artikel ini.

--

--

Data Science Enthusiast, Remote Worker, Course Trainer, Archery Coach, Psychology and Philosophy Student

Love podcasts or audiobooks? Learn on the go with our new app.

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store
Desi Ratna Ningsih

Desi Ratna Ningsih

Data Science Enthusiast, Remote Worker, Course Trainer, Archery Coach, Psychology and Philosophy Student